Sabtu, 13 Oktober 2012

Tugas Ohhh Tugas : Ayat Jurnal Pembalik

Ayat Jurnal Pembalik
Ayat jurnal pembalik adalah ayat jurnal yang berfungsi melakukan pembalikan terhadap ayat jurnal penyesuaian sebelum mencatat transaksi reguler pada periode berikutnya. Biasanya, ayat jurnal pembalik dilakukan pada saat laporan keuangan telah selesai disusun dan buku telah ditutup. Ayat jurnal pembalik dibuat pada awal periode akuntansi berikutnya dan merupakan kebalikan dari ayat jurnal penyesuaian yang dibuat pada periode sebelumnya. Pencatatan ayat jurnal pembalik merupakan langkah opsional dalm siklus akuntansi.
Fungsi dari ayat jurnal pembalik adalah untuk menyederhanakan pencatatan transaksi berikutnya yang terkait dengan ayat jurnal penyesuaian. Contohnya, pembayaran gaji setelah penyesuaian ayat jurnal penyesuaian menghasilkan dua debit: satu ke Utang Gaji dan lainnya ke Beban Gaji. Dengan ayat jurnal pembalik, seluruh pembayaran berikutnya dapat didebit ke Beban Gaji. Penggunaan ayat jurnal pembalik tidak mengubah jumlah yang dilaporkan pada laporan keuangan. Pengaruhnya adalah menyederhanakan transaksi berikutnya.

Ilustrasi Ayat Jurnal Pembalik       

Ayat jurnal pembalik yang sering digunakan adalah membalik dua jenis ayat jurnal : pendapatan yang masih harus diterima dan beban yang masih harus dibayar. Jarang sekali dibuat untuk beban dibayar dimuka dan pendapatan diterima dimuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar