Kamis, 27 September 2012

tugas-tugas (⌣́_⌣̀) : Metode Pencatatan Alternatif atas Beban dan Pendapatan Dibayar di Muka

Pada pembahasan sebelumnya, jurnal penyesuaian untuk beban dibayar di muka dan pendapatan diterima di muka, awalnya didebit atau dikredit ke akun-akun neraca. Beberapa perusahaan menggunakan pencatatan alternatif :
(1) Pada saat kas dikeluarkan, yang didebit adalah akun beban
(2) Pada saat kas diterima, yang dikredit adalah akun pendapatan

1. Beban Dibayar di Muka
    Beban dibayar di muka kedaluwarsa menjadi biaya sejalan dengan berlalunya waktu (contoh : asuransi) atau melalui penggunaan (contoh : perlengkapan iklan). Jika pada saat pembelian, perusahaan memperkirakan bahwa perlengkapan tersebut akan habis digunakan sebelum tanggal laporan keuangan berikutnya, mungkin akan lebih mudah untuk awalnya mendebit (menambah) akun beban ketimbang aset.
    Anggaplah Pioneer Advertising memperkirakan bahwa seluruh perlengkapan yang dibeli tanggal 5 Oktober akan habis terpakai sebelum akhir bulan. Debit sebesar $2.500 ke akun Beban Perlengkapan Iklan (ketimbang akun aset Perlengkapan Iklan) pada tanggal 5 Oktober membuat jurnal penyesuaian tanggal 31 Oktober tidak lagi diperlukan, jika memang semua perlengkapan sudah habis dipakai. Pada tanggal 31 Oktober, akun Beban Perlengkapan Iklan akan menunjukkan saldo $2500, yaitu biaya perlengkapan yang digunakan selama 5-31 Oktober.
    Tetapi bagaimana jika perlengkapan tidak habis seluruhnya dan sejumlah $1.000 masih tersisa pada tanggal 31 Oktober? Sudah jelas, diperlukan jurnal penyesuaian. Sebelum penyesuaian dibuat, saldo akun Beban Perlengkapan Iklan terlalu tinggi sementara Perlengkapan Iklan terlalu rendah, masing-masing sebesar $1.000. Jadi, jurnal penyesuaiannya :
31 Okt     Perlengkapan Iklan          1000
                     Beban Perlengkapan Iklan          1000
                          (mencatat persediaan perlengkapan)
    
 2. Pendapatan Diterima di Muka
    Pendapatan diterima di muka akan dihasilkan sejalan dengan berlalunya waktu (contoh: sewa dibayar di muka) atau melalui penyediaan jasa (contoh: honor diterima di muka). Sama dengan halnya beban dibayar di muka, akun pendapatan dapat dikredit (bertambah) ketika kas diterima untuk jasa yang akan dilakukan di masa depan.
    Sebagai ilustrasi, anggaplah pada tanggal 2 Oktober Pioneer Advertising menerima uang sebesar $1.200 untuk jasa yang dilakukannya kemudian. Jasa tersebut diperkirakan akan dilakukan sebelum tanggal 31 Oktober. Jika pekerjaan diselesaikan sebelum tanggal 31 Oktober, tidak diperlukan jurnal penyesuaian.
    Tetapi, jika pada tanggal neraca sejumlah $800 dari pekerjaan yang dijanjikan belum selesai, maka diperlukan jurnal penyesuaian. Sebelum penyesuaian dibuat, saldo akun pendapatan (Pendapatan Jasa) maupun saldo akun kewajiban (Pendapatan Diterima di Muka) sama-sama terlalu tinggi yaitu sebesar $800. Jadi, kita perlu membuat jurnal penyesuaian berikut :
31 Okt     Pendapatan Jasa          800
                     Pendapatan Diterima di Muka          800
                          (mencatat pendapatan diterima di muka)

Rangkuman hubungan-hubungan Jurnal Penyesuaian Tambahan
     Jurnal penyesuaian alternatif tidak berlaku atas akrual pendapatan dan akrual beban karena tidak ada jurnal apapun yang dicatat sebelum jenis jurnal penyesuaian ini dibuat. Oleh karena itu, jurnal untuk kedua jenis penyesuaian tersebut tidak berubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar